Rabu, 20 Desember 2017

3a, Kisi-kisi Soal SD Kelas 3 Semester 1 (KTSP)

KISI-KISI PENULISAN SOAL


Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kurikulum
Jumlah Soal
Bentuk Soal
Nama Penyusun
:   SD
: Pendidikan Kewarganegaraan
:   2006
:   25
:   Pilihan Ganda, esai dan uraian
:  

No.
Kompetensi Dasar
Kelas/ Semester
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Indikator Soal
Taksonomi
Bentuksoal
No soal
1.
1.1 Mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa.
III /  I

. Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan  bangsa.
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
Berdasarkan pernyataan,  siswa dapat mengklafikasikan  tindakan yang dapat mempersatukan  bangsa.
      C 1               
  PG
1
2

1.2 Mengamalkan nilai – nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari – hari.
  III /  I

. Menyebutkan nama organisasi pemuda di Nusantara

Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
Siswa dapat  menyebut nama organisasi pemuda  di nusantara.
       C 1
   PG
2
  3.
1.3 Mengenal makna Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa .
  III / I
. Menyebutkan  nama tokoh pemuda yang ikut kongres pemuda.
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
 .Siswa dapat menyebutkan salah satunama tokoh pemuda yang ikut kongres pemuda.
       C 1
   PG
3
4
1.3 Mengenal makna Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa .
   III / I
. Mengidentifikasikan pengamalan nilai – nilai sumpah pemuda di lingkungan rumah.
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
. Siswa dapat Menerapkan pengamalan  nilai – nilai sumpah pemuda dilingkungan rumah.
       C 3
   PG
4
 5
1.3 Mengenal makna Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa .
   III / I
. Mengidentifikasi arti sumpah pemuda
. Makna satu nusa satu bangsa dan satu Bahasa

. Siswa dapat memahami arti dari sumpah pemuda.
       C 2
    PG
    5
6
1.3 Mengenal makna Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa .
   III / I
. Menjelaskan makna sumpah pemuda

. Makna satu nusa satu bangsa dan satu Bahasa

. siswa dapat menyebutkan peristiwa sumpah pemuda.
      C 1
PG
6
7
1.3 Mengenal makna Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa .
    III / I
. Menjelaskan tujuan kongres pemuda  I.
. Makna satu nusa satu Bangsa dan satu bahasa.
. siswa dapat menyebut kan peristiwa kongres pemuda
      C 1
    PG
7
  8
1.4 Mengenal Aturan – aturan yang berlaku dilingkungan masyarakat sekitar.
    III / I
. Menjelaskan tentang Aturan dalam Keluarga
. Aturan – aturan yang berlaku dilingkungan Masyarakat sekitar.
.  Siswa dapat menjelaskan tentang Aturan Keluarga
C 1
PG
8
9
1.4 Mengenal Aturan – aturan yang berlaku dilingkungan masyarakat sekitar.
    III / I
.  Menjelaskan tentang Aturan disekolah
. Aturan – aturan di buat secara tertulis
. Siswa dapat menjelaskan tentang Aturan disekolah.
      C 1
    PG
9
10
1.4 Mengenal Aturan – aturan yang berlaku dilingkungan masyarakat sekitar.
    III / I
. Menjelaskan tentang Aturan di masyatakat.
. Aturan – aturan di masyrakat.
. Siswa dapat Menjelaskan tentang di masyarakat.
      C 1
    PG
   10
11
1.5 Menyebutkan Contoh Aturan – aturan yang berlaku dalam masyarakat sekitar.
III / I
.  Melaksanakan Aturan yang berlaku didalam Agama
. Aturan yang berlaku di dalam Agama.
. Siswa dapat melaksanakan Aturan didalam Agama.
C 2
PG
   11
12     
1.5 Menyebutkan Contoh Aturan – aturan yang berlaku dalam masyarakat sekitar.
    III / I
. Meyebutkan  Aturan Kesopanan yang berlaku dimasyarakat 
. Aturan Kesopanan
. Siswa dapat menyebutkan Aturan Kesopanan didalam Masyarakat.
C 1
   PG
   12
13
1.5 Menyebutkan Contoh Aturan – aturan yang berlaku dalam masyarakat sekitar.
    III / I
. Menyebutkan Aturan Hukum didalam Masyarakat.
. Aturan Hukum
. Siswa dapat Menyebutkan Aturan Hukum didalam Masyarakat
C 1
   PG
   13
14
1.6 Melaksanakan  Aturan – aturan yang berlaku dilingkungan masyarakat sekitar
    III / I
. Menyebutkan Aturan yang berlaku dalam Keluarga.
. Aturan didalam Keluarga
 Siswa dapat Menyebutkan Aturan dalam keluarga
C 1
PG
 14
15
1.6 Melaksanakan  Aturan – aturan yang berlaku dilingkungan masyarakat sekitar
III / I
.  Menjelaskan  Contoh Aturan dalam Keluarga
. Aturan didalam Keluarga
. Siswa dapat menjelaskan contoh Aturan dalam Keluarga.
C 1
   PG
   15
16
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
   III / I
Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
Siswa dapat menyebutkan bahasa nasional
C 1
PG
1
17
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

   III / I
Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
Siswa dapat menyebutkan sikap pengamalan nilai – nilai sumpah pemuda
C 1
PG
2
18
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
   III / I
Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
Siswa dapat menyebutkan semboyan bangsa Indonesia
C 1
PG
3
19
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
   III / I
Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
Siswa dapat menyebutkan warna bendera Indonesia
C 1
PG
4
20
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

   III / I
Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
Siswa dapat menyebutkan sikap pengamalan nilai – nilai sumpah pemuda
C 1
PG
5
21
1.1 Mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa.
III /  I

. Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan  bangsa.
. Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
siswa dapat mengklafikasikan  tindakan yang dapat mempersatukan  bangsa.
C 1
PG
1
22
1.1 Mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa.
III /  I

. Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan  bangsa.
. Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
siswa dapat mengklafikasikan  tindakan yang dapat mempersatukan  bangsa.
C 1
PG
2
23
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

   III / I
Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
Siswa dapat menyebutkan sikap pengamalan nilai – nilai sumpah pemuda
C 1
PG
3
24
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

   III / I
Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
Siswa dapat menyebutkan sikap pengamalan nilai – nilai sumpah pemuda
C 1
PG
4
25
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

   III / I
Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
Siswa dapat menyebutkan sikap pengamalan nilai – nilai sumpah pemuda
C 1
PG
5

Tidak ada komentar:

FeedCount